GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Nyate di RM Sate Sapi Pak Kempleng Ungaran


Sate Sapi Pak Kempleng. (JatengnyamlengID/BMA)
Jatengnyamleng ID - Bagi penyuka sate, bila sedang berada di Ungaran, Kabupaten Semarang, bisa mencoba sate sapi Pak Kempleng. Sate ini boleh dibilang merupakan sate paling legendaris di kota yang dijuluki “Kota Seribu Rumah Makan” itu. 
 
Konon, sate sapi Pak Kempleng telah ada sejak sekira tahun 1960-an. Sate Sapi Pak Kempleng dirintis oleh Pak Kempleng yang bernama asli Sakimin. Awalnya, sate sapi ini dijual dengan cara berkeliling menggunakan pikulan pada malam hari. Sate sapi dijajakan dari gang satu ke gang lainnya dan berakhir di Alun Alun Kota Ungaran.  

Sepeninggal Pak Sakimin pada tahun 1972, usaha sate sapi diteruskan oleh anak-anaknya. Sempat  membuat warung tenda di Alun Alun Kota Ungaran sebelum jadi gedung DPRD Kabupaten Semarang. Baru pada sekitar tahun 1980-an, anak-anak Pak Kempleng dapat membangun rumah makan sate sendiri. 

Seorang pengunjung bersiap menikmati Sate Sapi Pak Kempleng. (JatengnyamlengID/BMA)
Saat ini, eksistensi Sate Sapi Pak Kempleng diteruskan oleh anak, cucu, dan keponakannya. Terdapat beberapa rumah makan 1, 2, 3, dan 4 yang menjual sate sapi Pak Kempleng, semuanya berada di ruas Jalan Diponegoro, Ungaran. Namun, dari beberapa rumah makan sate sapi Pak Kempleng di Ungaran, favorit saya adalah Sate Sapi Pak Kempleng yang berada di Jalan Diponegoro 180 (samping Pom Bensin) Ungaran. Selebihnya, silahkan pilih favorit Anda sendiri.

Sate sapi Pak Kempleng sudah sangat populer dan menjadi jujugan para penggemar sate. Resep sate sapi warisan Pak Kempleng alias Pak Sakimin itu masih dipegang teguh oleh generasi penerusnya dan terbukti  “juara” di hati para penyuka sate. Setiap hari, rumah makan sate sapi Pak Kempleng tak pernah sepi pengunjung alias selalu ramai pengnjung, terutama pada jam-jam makan siang atau malam.
 
Di depan RM. Sate Sapi Pak Kempleng, Jalan Diponegoro 180, Ungaran. (Jatengnyamleng ID/BMA)
Cita rasa sate sapi Pak Kempleng cenderung legit dan sedikit gurih khas sate sapi manis. Dagingnya empuk, lembut, dan tidak alot. Sebelum dibakar, potongan daging yang sudah ditusuk sujen, dibumbui dengan formula bumbu khusus, baru kemudian dibakar. Sate sapi Pak Kempleng disajikan dengan saus kacang plus irisan lombok dan bawang merah yang makin membangkitkan selera. 

Sudah banyak para tokoh bertandang dan menyantap sate Pak Kempleng. Salah satu di antaranya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam sebuah vlognya berdurasi 04.05 menit, yang diunggah di akun Youtube-nya dengan titi mangsa 12 Juni 2018, Ganjar Pranowo nampak  mampir dan menikmati Sate Sapi Pak Kempleng. "Sate Sapi Pak Kempleng ini spesial," tulis orang nomor satu di Jawa Tengah itu di caption vlognya.

Hmmm, mak nyuss..... (BMA - Jatengnyamleng ID)


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.