GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Resep-resep Nusantara Racikan Nyonya Rumah

 

Jatengnyamleng ID - Di dunia kuliner Indonesia, nama Nyonya Rumah sudah tidak asing lagi. Nyonya Rumah adalah nama pena dari Julie Sutarjana. Perempuan kelahiran Lasem, Jawa Tengah, tahun 1922 yang dijuluki “gastronom tiga zaman” itu telah aktif menulis resep masakan sejak tahun 1951, yaitu dengan mengasuh rubrik resep masakan di Star Weekly, sebuah tabloid mingguan paling populer ketika itu. 
 
Dari resep-resep yang telah dimuat di tabloid Star Weekly, pada tahun 1957 Julie Sutarjana membukukan resep-resepnya dalam sebuah buku masterpiece berjudul Pandai Masak 1 dan disusul dengan Pandai Masak 2. Setelah Star Weekly berhenti terbit, Julie beralih mengisi kolom Dapur Kita di Kompas edisi Minggu sejak tahun 1971 hingga sekarang.

Sebagai pengasuh rubrik resep masakan di koran nasional, mengantar Julie Sutarjana disebut-sebut sebagai salah satu pelopor di bidang kuliner Indonesia. Pengaruhnya dalam ikut serta mewarnai perkembangan kuliner di Indonesia tak diragukan lagi.

Kualitas resep racikan Julie Sutarjana telah diakui pembacanya yang tersebar di berbagai pelosok Tanah Air. Karena resep-resep racikannya bukan hasil menyalin dari buku-buku masak yang ada, tetapi berasal dari praktik dan uji coba secara seksama. 

Kini, selain masih terus menulis resep untuk harian Kompas, ia juga mengelola dua kedai Nyonya Rumah di Bandung yang menyajikan aneka masakan khas, terutama menu tempo dulu. Pada usianya yang lebih dari 9 dasawarsa, bahkan mendekati satu abad, ia masih aktif memonitor langsung cita rasa semua hidangan yang disajikan di dua kedai miliknya itu. 

Buku berjudul 180 Resep Masakan Nusantara Racikan Nyonya Rumah ini adalah buku karyanya yang kesekian kalinya yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Di buku karyanya kali ini, Julie “Nyonya Rumah” Sutarjana secara khusus berbagi resep masakan tradisional yang populer dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk memudahkan pembaca mencari resep-resep yang dikehendaki, dalam buku ini resep-resep dikelompokkan sesuai jenis masakan. Sesuai judul, ada 180 resep masakan yang tersaji di buku ini, yang dikelompokkan ke dalam 9 kategori, meliputi: Bubur, Nasi, dan Mi; Sop dan Soto; Lauk Utama; Lauk Pendamping; Sayuran; Pepes; Sambal; Rujak dan Acar; serta Kue dan Minuman. 

Boleh jadi, buku resep masakan serupa sudah banyak beredar di pasaran, namun “album resep” masakan tradisional Indonesia populer racikan Nyonya Rumah ini tetap penting dikoleksi. Buku ini layak dijadikan sebagai panduan bagi para ibu rumah tangga yang ingin menghadirkan masakan-masakan khas Nusantara di meja makan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Data buku:
Judul: 180 Resep Masakan Nusantara Racikan Nyonya Rumah
Penulis: Julie Sutarjana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan ke-1: 2019
Tebal: 194 hlm
ISBN: 978-602-06-3349-7

*Tulisan ini dimuat di koran Solopos edisi Minggu, 22 Desember 2019


Jasaview.id