GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Suatu Petang Menyantap Kupat Blengong Khas Tegal Mas Diryono


Kupat Blengong Mas Diryono. (JatengnyamlengID/BMA)
Jatengnyamleng ID - Menjejakkan kaki di Kota Tegal pada sore atau malam hari, jangan lewatkan mencicipi kuliner khasnya yang satu ini, yaitu kupat blengong. Sajian kupat dengan kuah kental yang gurih, dipadu dengan lezatnya daging blengong.
 
Blengong adalah unggas hasil persilangan bebek dan mentok. Rasa dagingnya mirip daging bebek yang berserat, namun terasa lembut saat dikunyah. Blengong ini konon hanya bisa dijumpai di Kota Tegal dan Brebes.

Salah satu sentra kupat blengong di Kota Tegal berlokasi di Jalan Sawo Barat, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat. Di lokasi itu, sejak jam 16.00 hingga malam hari sekira jam 21.30, kita akan menjumpai para penjual kupat blengong di sepanjang jalan.

Saat berada di Kota Tegal di malam hari, saya tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati kupat blengong. Seperti hari ini, usai jemaah salat Magrib, saya meluncur ke sentra kupat blengong di Kelurahan Kraton. 
 
Olahan blengongnya menggoda selera. (JatengnyamlengID/BMA)
Sesuai rencana, warung kupat blengong Mas Diryono yang menjadi jujugan saya. Letaknya paling pojok. Konon paling lezat dibanding kupat blengong yang lain. Meski bagi saya, kuliner adalah soal lidah, yang sifatnya sangat personal. Masing-masing lidah punya kaidah dan ukuran kelezatannya sendiri.

Kupat blengong Mas Diryono berdiri sejak tahun 2010, menyajikan kupat blengong dengan tambahan menu yang variatif. Selain daging blengong goreng, Mas Diryono juga menawarkan varian olahan blengong dalam bentuk sate. Selain sate daging blengong, ada juga sate ampela ati blengong yang aduhai mak nyus-nya.

Dalam penyajian kupat blengong, kupat dengan kuah kental berempah disajikan terpisah dengan daging blengong goreng dan sate ampela ati goreng. Daging atau sate blengong gorengnya hanya yang kita makan saja yang dihitung. Adapun sate blengong bakar, harus pesan terlebih dulu, baru akan dibakarkan.

Bagi saya, cita rasa kupat blengong ini sangat khas dan istimewa. Kupat dengan kuah kental yang amat gurih, dipadu dengan kelezatan daging blengong, sungguh mencuatkan cita rasa yang bikin tertawan kangen untuk datang kembali.

Jadi, bila sedang berada di Kota Tegal pada sore atau malam hari, jangan lewatkan untuk mampir ke Sentra Kupat Blengong di Kelurahan Kraton, yang menurut riwayat, sudah ada sejak tahun 1970. (BMA - Jatengnyamleng ID)


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.