√ Resep-resep Favorit Koleksi Kursus Masak Ny. Liem - Jatengnyamleng.id

Resep-resep Favorit Koleksi Kursus Masak Ny. Liem



Buku berjudul 500 Resep Kue & Masakan yang Paling Diminati ini dicetak lux. Sampulnya hardcover plus masih diberi jaket sampul, dan kertas isi artpaper gilap full colour. Ukuran bukunya juga besar dan tebal. Tak sekedar berpenampilan mewah, buku ini juga memiliki makna penting di dunia boga Indonesia, karena di dalam buku ini berisi koleksi resep-resep yang diajarkan di tempat Kursus Masak Ny. Liem.

Kursus Masak Ny. Liem, sebuah nama kursus masak yang tidak hanya sangat populer di kota Bandung, tetapi juga di luar kota Bandung, bahkan hingga ke luar pulau Jawa. Setiap praktisi dan penggemar boga hampir selalu menginginkan dapat mengasah ilmu boganya di kursus masak terkenal tersebut.

Kursus Masak Ny. Liem sendiri sebenarnya berawal dari hobi. Kala itu, sekitar tahun 1966, Ny. Liem (Elisabeth Lim Kurnia Awangsih alias Lim Kim Wang, lahir tahun 1928) yang tinggal bersama keluarganya di jalan Gandapura, Bandung, sering diminta memperagakan keahlian memasaknya pada acara ibu-ibu di lingkungan sekitar. Awal tahun 1971, berkat dorongan rekan-rekannya, Ny. Liem yang telah pindah ke Jalan Naripan, memutuskan membuka kursus, saat itu dengan peserta sekitar 50 orang.

Konsep dasar kursus Ny. Liem adalah pelatihan membuat kue, roti, dan masakan. Seiring waktu, murid kursus Ny. Liem telah mencapai ribuan orang. Karena kursus tersebut semakin berkembang dan kebutuhan akan sumber daya  manusia dalam bidang tata boga terus meningkat, pada tahun 2000 didirikanlah Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Ny. Liem yang secara khusus memberikan pendidikan dan pengajaran tata boga. Pendirian LPK ini diprakarsai oleh Ny. Chendawati, menantu Ny. Liem yang sekaligus menjadi tenaga pengajar dan pengelola kursus.

Sejak tahun 2006, bersama penerbit Gramedia Pustaka Utama, Ny. Liem telah menerbitkan beberapa buku masak berisi resep-resep favorit yang juga diajarkan di Kursus Masak Ny. Liem. Penerbitan buku-buku seri Resep Andalan Ny. Liem selain untuk ikut memperkaya kuliner Indonesia, sekaligus juga untuk memudahkan  mereka yang memiliki minat dan kepentingan dalam dunia boga, namun belum memiliki kesempatan mengikuti kursusnya.

Tidak hanya itu, ternyata penerbitan satu buku dan lalu disusul buku-buku berikutnya, diikuti pula dengan antusiasme yang luar biasa dari para pengikut kursus Ny. Liem dan para alumninya yang tersebar di seluruh Indonesia. Resep-resep dalam buku seri ini tersusun sebagai hasil upaya Ny. Chendawati, menantu Ny. Liem yang hampir setiap hari, berdua dengan ibu mertua tercinta mengajar para peserta kursus.

Sesuai judulnya, buku ini berisi 500 resep yang diajarkan di tempat Kursus Ny. Liem. Resep-resep di buku ini dibagi ke dalam 9 kelompok, meliputi: Cake (98 resep), Roti (54 resep), Snack (35 resep), Kue Indonesia (24 resep), Masakan Indonesia (90 resep), Masakan Chinese (73 resep), Puding (33 resep), Minuman (56), dan Kue Kering (38 resep). 

Sebagai buku yang lahir dari tempat kursus masak yang sangat terkenal dan terpercaya dengan jumlah murid ribuan, juga resep-resepnya telah menjadi resep andalan puluhan usaha boga para alumninya, buku ini tentu tak diragukan lagi manfaatnya. Layak dimiliki oleh tidak hanya alumni Kursus Masak Ny. Liem, tetapi juga bagi mereka yang akan atau sedang menjalankan usaha boga.  

Data buku:
Judul: 500 Resep Kue dan Masakan yang Paling Diminati
Penulis: Chendawati
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-4: 2016
Tebal: 564 hlm
ISBN: 978-602-03-3670-1

Get notifications from this blog

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.