GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Bernostalgia dengan Masakan Ndeso


Jatengnyamleng ID - Berada di perantauan dan harus meninggalkan kampung halaman bisa terjadi karena berbagai penyebab, antara lain karena tugas kerja. Jauh dari kampung halaman seperti itu, seringkali memantik kerinduan akan suasana kampung. Termasuk kerinduan terhadap cita rasa masakan yang biasa dinikmati bersama keluarga semasa masih tinggal di kampung halaman.
 
Rasa rindu itu jugalah yang dialami dan dirasakan oleh Dian Ayu Puspitasari. Ceritanya bermula pada tahun 2000 ia memenuhi panggilan dinas di sebuah instansi BUMN di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Mau tidak mau, ia harus merantau dan meninggalkan kampung halamannya di Malang, Jawa Timur.

Di perantauan, ia tinggal di tengah budaya Banjar yang sebenarnya memiliki khazanah kuliner yang sedap dan mak nyus. Ada banyak kuliner Banjar yang populer kelezatannya seperti Soto Banjar, Ketupat Kandangan, atau Lontong Orari. Namun, seringkali, rasa rindunya akan masakan bercita rasa ndeso ala rumahan—yang biasa dinikmati semasa di kampung halaman—muncul. Ia pun sering singgah di warung Jawa yang ada di Banjarbaru. Menyantap kuliner ndeso khas Jawa di perantauan membuatnya seperti terjebak dalam situasi CLBK atau Cinta Lama Bersemi Kembali.

Ada kerinduan yang meluap-luap saat ia menyantap masakan di warung Jawa itu. Untuk mengobati rasa rindunya, ia pun terdorong untuk bereksperimentasi memasak sendiri aneka masakan yang biasa ia nikmati di kampung halaman. Tak jarang ia menelpon mamanya di Malang hanya untuk sekedar bertanya soal bumbu masakan. Berkali-kali ia gagal, bahkan sekadar untuk memasak sayur bening saja. Keliru menggunakan rempah pun sering terjadi. Namun, semangatnya pantang surut. Ia terus mencoba dan berusaha.

Beberapa tahun kemudian, ia menikah. Suaminya juga orang Jawa asli, yang sama-sama memiliki lidah ndeso. Keduanya sama-sama sering kangen masakan kampung halaman. Dari situlah, ia semakin bersemangat untuk belajar membuat masakan-masakan bercita rasa ndeso. Apalagi bila mengingat, ia sering kurang cocok dengan menu yang disajikan di warung Jawa yang sering ia singgahi. Semangat belajar memasaknya menjadi kian meluap-luap. Dari awalnya sekadar rutinitas, kemudian berubah menjadi hobi.

Akhirnya, kegigihannya belajar memasak setiap hari membuahkan hasil. Ia pun mulai sering menerima order masakan dari teman-temannya yang kebetulan juga merantau dari Jawa. Hasil masakannya juga selalu mendapatkan respons yang baik. Namun ia harus membatasi jumlah order, karena ia tidak memiliki asisten. Ia pun mulai memposting masakan-masakan ndeso yang biasa dipesan teman-temannya di akun Instagram miliknya. Tidak hanya foto saja yang diposting, namun ia juga melengkapi dengan resep yang bisa dicoba sendiri oleh teman-temannya.

Di luar dugaan, postingannya mendapatkan respons yang positif. Resep-resep masakan ndeso khas Jawa yang dipostingnya mendapat sambutan penuh antusias. Bahkan, beberapa follower-nya mengaku bahwa masakannya mengingatkan dengan ibu, nenek, atau keluarganya. Masakan-masakannya telah memantik nostalgia, karena masakan-masakan tradisional ndeso seperti itu saat ini mulai sulit ditemui di tengah serbuan kuliner modern dan kekinian.

Buku berjudul Sedep Marem Masakan Cita Rasa Ndeso, 110 Resep Hits di Instagram berisi kumpulan resep masakan ndeso khas Jawa hasil eksperimentasi Dian Ayu Puspitasari. Di buku ini kita akan disuguhi masakan-masakan khas Jawa seperti rawon pincuk, sate komoh (khas Malang), ayam lodho (khas Trenggalek), botokan ampela ati, sate klopo (khas Surabaya), kotokan pindang, mangut iwak pe, lele santan pedas, pecel lele sambal kemangi, bobor daun singkong dan ikan goreng, buntil daun pepaya, empel-empel klopo, oseng terong pipit, pecel terong bakar, dan lain-lainnya yang jumlahnya 110 resep.  

Dian sebagai penulis, menjamin resep-resep yang ada di bukunya ini mudah dicoba dan antigagal karena menggunakan resep andalan turun temurun dari nenek dan mamanya. Buku ini tepat dimiliki oleh setiap keluarga, terutama bagi yang ingin menghadirkan masakan-masakan ndeso khas Jawa di meja makannya. Setidaknya sebagai nostalgia.

Data buku:
Judul: Sedep Marem Masakan Cita Rasa Ndeso, 110 Resep Hits di Instagram
Penulis: Dian Ayu Puspitasari
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-1: 2019
Tebal: 250 hlm
ISBN: 978-602-06-3448-7

*Tulisan ini dimuat di koran Jawa Pos Radar Madura edisi Jumat, 15 Mei 2020.


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.