GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Endang Purwanti: Berlabuh di Bisnis Puyuh

Endang Purwanti menunjukkan puyuh olahannya. (JatengnyamlengID/BMA)
Jatengnyamleng ID - Gurih dan lembut. Begitulah cita rasa yang terasakan saat mencicipi puyuh ungkep dengan brand Queen Puyuh Ungkep Purwodadi produksi Puyuh Mandiri Sukses (PMS) Grobogan. Gurih, karena bumbunya meresap ke dalam daging. Lembut, karena tekstur dagingnya memang empuk.
 
Puyuh ungkep merupakan produk olahan sebagai tindak lanjut dari bisnis puyuh yang digeluti oleh Endang Purwanti (46). Awal cerita, tahun 2012 akhir, ibu dari dua anak ini menggeluti dunia ternak  sebagai pendamping tani ternak di bawah naungan PT. Hidup Cerah Sejahtera (HCS).

PT. HCS sendiri merupakan perusahaan yang memperkenalkan bertani dan beternak secara organik. PT. HCS didirikan di Sidoarjo pada 26 Juli 2009, berkantor pusat juga di Sidoarjo, dan beroperasi secara nasional.

Setelah sekian lama mendampingi peternak dari berbagai jenis hewan ternak seperti kambing, sapi, puyuh, lele, ayam, dan lain sebagai, Endang mendapatkan kesimpulan, bahwa ternak puyuhlah yang dinilai memiliki tingkat peluang yang lebih menjanjikan dibanding jenis ternak lainnya.

Menurut Endang, ternak puyuh lebih simpel,  mudah dikelola, tidak harus meluangkan banyak waktu, efisien tempat dan biaya, serta pemasarannya juga relatif lebih mudah. Dari sisi kebersihan juga relatif lebih bersih, karena dalam perawatan, pihaknya menggunakan bahan alami yang dipadu dengan probiotik, sehingga relatif tidak menimbulkan bau.

“Ternak juga lebih sehat, telur lebih berkualitas, tahan lama dan rasa lebih gurih,” jelas Endang.

Fokus di Dunia Puyuh
Dari situlah perempuan kelahiran Grobogan, 25 Juli 1974 itu akhirnya memilih fokus di pendampingan tani ternak puyuh. Hatinya mantap berlabuh di bisnis puyuh. Tahun 2017, bersama suami, ia menggagas dan mendirikan lembaga usaha bernama Puyuh Mandiri Sukses (PMS), yang salah satu usahanya adalah membuka paket usaha puyuh petelur.

Saat ini ada 60-an tani ternak puyuh mitra binaannya yang tersebar setidaknya di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Grobogan, Blora dan Sragen. “Sebagian besar ada di Kabupaten Grobogan, sisanya ada yang di Blora dan Sragen,” tutur Endang.

Paket usaha puyuh petelur sendiri merupakan program untuk memudahkan masyarakat yang ingin berwirausaha di bidang puyuh petelur. Dengan mengambil paket ini melalui PMS, maka seseorang akan mendapatkan fasilitas meliputi: pengadaan kandang standar, pengadaan bibit berkualitas, pengadaan pakan dan nutrisi pemeliharaan dari bahan herbal, pembelian hasil telur, pembelian afkir, dan pemanfaatan limbah.

Dengan fasilitas seperti itu, masyarakat akan lebih mudah bila ingin berwirausaha di bidang ternak puyuh. Apalagi pihaknya juga memfasilitasi pembelian hasil usaha berupa telur dan puyuh afkir yang sudah tidak produktif. Masyarakat yang mengambil paket akan dibimbing, dilatih, didampingi, dan bisa terus melakukan konsultasi selama masih mengambil program kemitraan tersebut. 
 
Dalam kalkulasi Endang, dan yang sudah sering terjadi, dalam jangka waktu 8 bulan, sudah bisa balik modal atau BEP (break even point). Selanjutnya tinggal menikmati hasil.
Disinggung soal prospek bisnis puyuh petelur, menurut Endang saat ini masih sangat prospektif. Belum banyaknya peternah puyuh petelur, menjadikan bisnis ini masih menjanjikan.

Soal risiko? “Setiap usaha pasti ada risikonya,” tukas Endang.
 
“Namun dengan manajemen pengelolaan yang baik, risiko itu dapat diminimalisasi,” tukas Endang lebih lanjut.
 
Sejauh ini, pemasaran telur masih dijual mentah melalui agen dan sebagian lagi dipasarkan melalui ritel modern seperti Luwes Purwodadi. Termasuk juga untuk burung puyuh afkir yang sudah tak lagi produktif bertelur, selama ini Endang masih memasarkannya dengan cara menjualnya dalam kondisi mentah.

Burung buyuh afkir mentah dijual dalam kondisi siap olah dan sejauh ini peminat tidak hanya datang dari dalam lingkup lokal Grobogan tapi juga sudah merambah ke luar daerah. Bahkan, menurut Endang, hingga menembus peminat dari Semarang dan Tegal.

Inovasi Produk Olahan
Setelah sekian lama menjual puyuh afkir dalam kondisi mentah siap olah, akhirnya terpikir oleh Endang untuk juga berinovasi lagi agar puyuh afkir lebih bernilai ekonomi. Puyuh ungkep akhirnya yang dipilih.

Puyuh ungkep adalah puyuh yang sudah diolah dan bumbui sehingga siap saji. Puyuh ungkep langsung bisa dinikmati atau bisa dibakar atau digoreng terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

Puyuh ungkep dalam kemasan. (JatengnyamlengID/BMA)
Dengan brand Queen Puyuh Ungkep Purwodadi, Endang berharap produknya bisa diminati masyarakat sebagai alternatif pangan berbasis protein hewani yang kaya nutrisi. Apalagi produk puyuh ungkep sejauh ini relatif belum banyak kompetitornya di lapangan.
 
Selain masih menjual puyuh afkir mentah siap olah, ada dua varian puyuh ungkep yang ditawarkan Endang, yaitu puyuh ungkep bumbu rempah dan puyuh ungkep bumbu bakar.

Ia siap bekerja sama dengan siapa pun yang ingin ikut terlibat dalam pemasaran produk puyuh ungkepnya, baik sebagai distributor maupun reseller. “Sejauh ini, pemasaran masih secara daring atau online,” tutur Endang.
 
Ke depan, Endang ingin bereksperimentasi dengan mengolah puyuh menjadi aneka sajian. Di antaranya mengolah puyuh menjadi masakan swike khas Grobogan. Sehingga swike tidak hanya identik dengan kodok, tapi juga ada swike puyuh.

PUYUH MANDIRI SUKSES
Jalan Kenanga RT 01/01 Kel./Kec. Grobogan,
Kabupaten Grobogan
HP: 0823 2457 8569


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.