GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Menghadirkan Cita Rasa Nusantara di Meja Makan Keluarga

 

Jatengnyamleng ID - Indonesia sangat kaya akan khazanah kuliner. Hampir di setiap daerah mempunyai aneka kuliner yang khas sekaligus teruji kelezatannya. Berpuluh judul buku yang mengulas aneka resep kuliner khas Indonesia telah terbit. 
 
Buku-buku tersebut ditulis oleh para praktisi yang dikenal memiliki keahlian di bidang masak-memasak. Salah satu buku kumpulan resep masakan Indonesia yang sangat menarik adalah berjudul 45 Menu Sehari-hari Cita Rasa Nusantara karya Lilly T. Erwin.
 
Lilly T. Erwin sendiri sebagai penulis buku ini dikenal sebagai tokoh boga yang telah puluhan tahun berkecimpung di dunia kuliner tradisional Indonesia. Kiprah dan kecintaannya terhadap kuliner tradisional Indonesia tak diragukan lagi. 
 
Pada setiap kunjungannya ke berbagai daerah di Indonesia, untuk keperluan demo masak, seminar, dan pameran masakan Indonesia, Lilly selalu meluangkan waktu untuk menggali informasi tentang masakan khas setempat.

Di tengah kesibukannya mengelola sebuah guest house di kawasan Desa Tingal dekat Candi Borobudur, Magelang, bersama suami tercinta, perempuan kelahiran Semarang, 1 November 1949 itu tak kenal lelah menyumbangkan dedikasinya pada dunia kuliner Indonesia melalui buku resep. Hingga kini, Lilly telah menulis lebih dari 200 judul buku masakan tradisional Indonesia dan buku masakan kreasi dengan berbagai bahan makanan olahan.

Buku karya Lilly ini salah satu yang teranyar. Di dalam buku ini, Lilly menampilkan 45 paket menu yang merupakan makanan istimewa populer dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap menu terdiri atas 3 resep variasi meliputi lauk utama, lauk pendamping, sop, atau sayuran. Sehingga total ada 135 resep yang termuat di buku ini. Karena hanya 135 resep, otomatis tidak semua daerah, resep kulinernya terakomodasi dalam buku ini, karena kuliner khas Indonesia memang jumlahnya ribuan.
 
Namun, sebagai penulis, Lilly mengaku telah berusaha menyusun menu Nusantara yang diproyeksikan sebagai menu selama 1 bulan di buku ini dengan secermat mungkin. Pemilihan resep diseleksi dari yang sering dicari oleh pembaca dari Sumatra hingga Papua.
Resep populer khas berbagai daerah yang ada di buku ini antara lain: Ayam Panggang Klaten, Soto Banjarmasin, Gado-gado Betawi, Selada Bangka, Sayur Bekasem, Soto Medan, Nasi Bali, Sate Ponorogo, Ayam Taliwang, Rendang Minang, Mangut Ikan Beong, dan sebagainya.

Buku karya peraih penghargaan sebagai “Chef with The Best Taste” dalam International Food Festival tahun 2018 di Chengdu, Cina, ini kiranya tepat dijadikan sebagai panduan menghadirkan menu spesial bercita rasa Nusantara di meja makan keluarga. Agar kebersamaan dengan keluarga di meja makan dapat terajut lebih hangat dan berkesan.   

Data buku:
Judul: 45 Menu Sehari-hari Cita Rasa Nusantara
Penulis: Lilly T Erwin
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-1: September 2019
Tebal: x + 182 hlm
ISBN: 978-602-06-3443-2

*Tulisan ini dimuat di koran Jawa Pos Radar Madura edisi Jumat, 1 Mei 2020 dengan judul "Menghadirkan Cita Rasa Nusantara di Meja Makan".


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.