GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Resep-resep Favorit Keluarga ala Bunda Nina


Jatengnyamleng ID - Era media sosial telah menghadirkan tren baru di kalangan ibu rumah tangga yang gemar memasak. Mereka mengunggah foto hasil masakan mereka berikut resepnya ke media sosial, antara lain melalui Instagram. Respons yang positif dari warganet mengantar mereka menjadi selebgram dengan ratusan ribu follower.
 
Follower yang banyak, secara bisnis, tentu merupakan potensi pasar. Sehingga banyak penerbit yang akhirnya melirik para selebgram tersebut untuk mau membukukan kumpulan resep masakan mereka. Saat ini, di pasaran, banyak dijumpai buku-buku kumpulan resep masakan karya para selebgram dari berbagai penerbit.

Di antarnya buku berjudul Dapur Bunda karya Bunda Nanik (Nanik Handayani), pemilik akun IG @mrs.wijaya (165k follower) dan buku berjudul Hits & Simple Daily Cooking karya Meily Furnia, pemilik akun IG @meily_chin (103k follower), keduanya diterbitkan oleh penerbit Visi Media Pustaka (Jakarta). 

Penerbit Gramedia Pustaka Utama juga banyak menerbitkan buku-buku kumpulan resep masakan karya para selebgram. Antara lain buku berjudul 70 Resep Masakan Minang Hits di Instagram ala Cheche Kitchen karya Mince Sriwati (80.000+ followers), Sedep Marem Masakan Cita Rasa Ndeso, 110 Resep Hits di Instagram karya Dian Ayu Puspitasari, dan Masakan Sedap ala @Mbaiyya Hits di Instagram karya Ira Isnaini.

Buku berjudul Resep Favorit Keluarga ala Dapur Bunda Nina yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini juga karya seorang selebgram. Nama lengkapnya Agustina Dwi Kurniawati atau yang akrab disapa Bunda Nina. Bunda Nina adalah pemilik akun IG @bundanina_kitchen dengan 185.000+ follower.

Buku ini adalah buku karyanya yang kedua. Sebelumnya, pada tahun 2017, ia menerbitkan buku perdananya yang berjudul Kumpulan Resep Hits di Instagram, 100+ Resep Andalan Dapur Bunda Nina yang juga diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku karya Bunda Nina ini merupakan buku yang istimewa karena dipersembahkan oleh seorang ibu rumah tangga yang juga seorang food blogger, yang memiliki kemauan dan semangat belajar yang tinggi. 

Bunda Nina memang seorang ibu rumah tangga yang memiliki minat yang tinggi dengan dunia kuliner dan food photography. Ia mengawalinya dengan menulis aneka resep di blog www.catatan-nina.blogspot.com sejak tahun 2011 dan dilanjutkan dengan menulis di IG @bundanina_kitchen.

Dari minatnya itulah lahir dua buku karyanya yang cukup istimewa. Karena di dalamnya ia tidak hanya berbagi aneka resep masakan yang mudah dipraktikkan, namun juga dilengkapi dengan kemampuan fotografi yang bagus, sehingga foto-foto masakan yang ditampilkan di dalamnya sangat eye catching dan menggugah selera.

Di dalam buku keduanya ini, Bunda Nina menghadirkan sebanyak 120 resep masakan favorit keluarga yang hits di Instagram. Aneka resep yang ada di buku ini terinspirasi dari aneka kuliner yang pernah dicobanya saat jalan-jalan bersama keluarga tercinta, yaitu berbagai resep masakan dan juga jajanan yang biasa tersedia di restoran, rumah makan, warung kaki lima, bahkan abang-abang keliling. Semua resep di dalam buku ini sudah disesuaikan dengan selera keluarga, dengan bahan yang dipunya.

Maka di dalam buku ini, kita akan mendapati resep-resep masakan yang populer dari lintas daerah dan provinsi. Seperti Nasi Gandul khas Pati (Jawa Tengah), Mi Kocok khas Bandung (Jawa Barat), Tahu Thek Surabaya (Jawa Timur), Ketoprak khas Jakarta, Sate Maranggi (Jawa Barat), Soto Padang (Sumatra Barat), Soto Betawi (Jakarta), Garang Asem Ayam (Jawa Tengah), Ayam Lodho (Jawa Timur), Nasi Krawu khas Gresik (Jawa Trimur), Nasi Lodeh Kikil khas Jombang (Jawa Timur), dan banyak lagi.    

Dari 120 resep (sebenarnya di dalamnya ada 122 resep), Bunda Nina membaginya ke dalam 4 bab, meliputi: aneka menu favorit (80 resep), jajanan favorit (20 resep), minuman populer (15 resep), dan resep pelengkap (7 resep). Untuk jajanan, di antaranya ada resep Bakso Bakar, Seblak Ceker, Cilok, Tahu Gejrot, Asinan Betawi, Martabak Telur, dan Rujak Petis. Untuk minuman antara lain ada Es Cendol, Wedang Angsle, Wedang Ronde, Bajigur, Bandrek, Choco Ice Blend, dan Hot Cocoa.

Bagi Bunda Nina, menu-menu favorit keluarga, baik masakan, jajanan maupun minuman, dapat dibuat sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri di rumah, selain lebih higienis, karena kita bisa mengetahui dengan pasti bahan yang kita gunakan, juga jauh lebih hemat atau irit. Misalnya dengan uang Rp 50 ribu, biasanya hanya dapat seporsi steak di resto. Dengan modal yang sama, kita bisa menyajikan 2 – 3 porsi di rumah.

Selain menampilan aneka resep favorit, buku ini juga dilengkapi dengan tips dan cerita-cerita singkat di balik foto-foto karya Bunda Nina yang juga bisa dilihat di buku ini. Boleh dibilang, tips dan proses kreatif ala Bunda Nina dalam menghasilkan foto masakan yang eye catching, enak dilihat dan menawan, sehingga menggugah selera. Sebuah buku yang sangat layak dikoleksi oleh para ibu rumah tangga dan peminat dunia kuliner.  

Data buku:
Judul: 120 Resep Hits di Instagram, Resep Favorit Keluarga ala Dapur Bunda Nina
Penulis: Agustina Dwi Kurniawati
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-1: 2019
Tebal: 283 hlm
ISBN: 978-602-06-2866-0


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.