GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Becek, Menu Hajatan yang Jadi Sajian Warung Makan

Sayur becek khas Grobogan, hidangan hajatan yang jadi menu di warung makan. (Jatengnyamleng/Badiatul M. Asti)

Jatengnyamleng ID - Becek atau sayur becek adalah sajian berkuah khas Grobogan. Sayur becek adalah sup iga balungan sapi dengan bumbu minimalis yang dipadu dengan daun kedondong, juga dan daun dayakan—yang dulu mudah dijumpai di kawasan pegunungan kendeng. Rasanya segar, gurih, dan asem. Bagi penyuka pedas, bisa ditambah dengan cabai sesuai selera. 

Story yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwasannya kuliner ini dulu menjadi sajian istimewa warga Grobogan bila menghelat pesta hajatan, seperti saat mantu (pesta pernikahan) dan sunatan (mengkhitankan anak). Selain itu, menu becek juga hadir sebagai sajian saat panen padi, misalnya di Desa Cingkrong (Purwodadi), juga pada tradisi barikan di Desa Godan (Tawangharjo).

Dari hidangan pesta hajatan dan tradisi, entah bagaimana ceritanya—tak ada data yang bisa dirujuk, sayur becek kemudian hadir di berbagai warung dan rumah makan. Awalnya becek dijumpai di sejumlah  warung dan rumah makan di Purwodadi, kemudian pada perkembangannya saat ini becek hampir bisa dijumpai di warung dan rumah makan di seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan.

Sayur becek umumnya disajikan dengan nasi putih dengan pelengkap kering tempe, kacang tolo, dan oseng lombok. Paduan itu menjadikan nasi becek sangat nikmat di santap, terutama sebagai menu makan siang. Becek pada awalnya menggunakan iga sapi, namun pada perkembangannya banyak yang bereksperimentasi dengan menggunakan protein dari iga kerbau, kambing, ayam, bahkan ikan (nila).

Saat ini becek telah diperhitungkan sebagai ikon kuliner Grobogan, yang selama puluhan tahun terhegemoni dengan salah satu kuliner khasnya—yang selama ini diterima dengan ‘setengah hati’ karena menggunakain protein non-halal, yaitu swike. 

Rekomendasi Rumah Makan Favorit Kang Asti:

➤WARUNG MAKAN MBAK PING, Jalan A. Yani, Purwodadi (Kompleks Ruko depan Pasar Purwodadi agak ke timur). Google maps: https://goo.gl/maps/oGzWgmKKSJx68C416 Garang asem dan asem-asem di warung makan ini juga recomended.

 ➤RM. SPESIAL BECEK BU YATI, Dusun Sukorejo, Desa Krangganharjo,Toroh. No. HP/WA: 0813-2506-0922. Google maps: https://goo.gl/maps/SG5PbyKRpG33KM5P9 Becek Bu Yati sangat istimewa dengan resep orisinal dan kuahnya yang sangat segar dan gurih, juga menyediakan becek ayam dan becek iga sapi goreng.

 ➤RM. SEDEP YANTO GANJAR, Jalan Raya Purwodadi-Blora KM. 2 Getasrejo (timur bundaran Pangeran Diponegoro Getasrejo), No. HP/WA: 0812-2817-4744. Google maps: https://goo.gl/maps/7UrovYtPTBWh61Ld7 Rumah makan ini spesial menyediakan becek kerbau yang sangat sedap. Sate kerbaunya juga nyamleng tenan, patut untuk dicoba.


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.