GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Lezatnya Swike Entog Khas Grobogan Racikan Bu Jumanah Ketitang

Swike entog racikan Bu Jumanah terkenal enak dan banyak pelanggannya. (JatengnyamlengID/BMA)

Jatengnyamleng ID - Boleh dikata, kuliner khas Grobogan yang paling populer adalah swike. Sajian yang berasal dari tradisi kuliner Tionghoa itu aslinya menggunakan kodok sebagai bahan utamanya.Tapi karena kodok termasuk bahan nonhalal dari sisi fikih Islam, maka masyarakat Grobogan bereksperimentasi mengganti bahan yang nonhalal itu dengan bahan yang halal. Jadilah saat ini, di Grobogan, lazim dijumpai swike ayam atau swike entog sebagai sajian swike versi halal.

Salah satu warung makan di Kabupaten Grobogan yang menyediakan menu swike versi halal adalah Warung Makan Sederhana yang beralamat di Jalan Raya Semarang – Purwodadi, Desa Ketitang, Kecamatan Godong. Lokasi warungnya berada di samping Puskesmas Godong 1. Pemilik warungnya bernama Ibu Jumanah.

Bu Jumanah, begitu saya biasa menyapanya, mulai mendirikan warung makan pada tahun 2011 setelah suaminya pensiun sebagai pegawai Bina Marga pada 2010. Sejak warung berdiri, Bu Jumanah sudah menjadikan menu swike entog sebagai menu spesial di warungnya.

Bu Jumanah memilih swike entog karena ingin menyajikan menu yang berbeda. Karena umumnya swike berbahan kodok, maka Bu Jumanah pun menggantinya dengan entog yang halal. Sehingga bagi yang tidak makan swike dari kodok, bisa menikmati swike entog yang halal di warung makannya.

Warung Makan Sederhana milik Bu Jumanah, Jalan Raya Semarang-Purwodadi, Desa Ketitang, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. (JatengnyamlengID/BMA)
Bu Jumanah sendiri mendapatkan resep membuat swike dari seorang etnis Tionghoa—pemilik toko tempat Bu Jumanah membeli tauco yang merupakan bumbu utama membuat swike.

Swike entog Bu Jumanah tergolong enak. Kuahnya gurih dengan tonjokan tauco yang cukup kuat. Daging entognya juga enak dan empuk. Pembeli bisa memesan tingkat kepedasannya, mulai dari tidak pedas, pedas ringan, pedas sedang, dan pedas sekali.

Tingkat kepedasan diukur dari jumlah cabai yang dibubuhkan saat meracik swike. Cabainya diulek langsung di dalam mangkok, baru kemudian ditaruh swike entog beserta kuahnya.

Swike entog racikan Ibu Jumanah termasuk lezat, sehingga cukup banyak pelanggannya, baik dalam kota maupun luar kota. Seporsi swike entog Bu Jumanah dipatok harga Rp 23.000, sudah termasuk nasi dan minumannya, es teh atau teh hangat.

Bila perjalanan arah Semarang-Purwodadi atau sebaliknya, silahkan mampir di Warung makan Sederhana Ibu Jumanah dan menikmati swike entognya yang nyamleng tenan.


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.