GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Panduan Menyiapkan Menu Takjil Ramadan


Jatengnyamleng ID - Ramadan sebentar lagi tiba. Salah satu aktivitas rutin setiap keluarga Muslim di bulan Ramadan adalah menyiapkan menu takjil sebagai menu pembuka berbuka puasa. Bagi masyarakat Indonesia, kolak, bubur manis, dan es buah, merupakan menu takjil yang paling umum disediakan selama bulan Ramadan.
 
Seorang ibu rumah tangga dituntut kreatif menyajikan variasi menu takjil. Kolak misalnya, musti dibuat variatif dalam setiap harinya, agar tidak menimbulkan kebosanan. Begitu pun dalam menyajikan es buah dan bubur manis.

Buku berjudul Kolak & Bubur Manis, 33 Resep + Step by Step karya Riya Jatika ini bisa menjadi panduan bagi para ibu rumah tangga Muslim dalam menyiapkan menu takjil selama bulan Ramadan. Di dalamnya, penulis buku ini menghadirkan sejumlah resep bubur manis, aneka kolak, dan es buah, serta resep sajian bercita rasa manis lainnya yang sangat pas disajikan sebagai menu takjil selama Ramadan.

Buku ini dibagi ke dalam lima bagian. Bagian pertama menghadirkan resep-resep bubur manis yang lezat saat disajikan dalam keadaan hangat. Resep-resep bubur manis yang dihadirkan dalam buku ini merupakan kombinasi dari aneka bahan yang dipadu sedemikian rupa, sehingga menghasilkan cita rasa bubur yang nikmat saat disantap hangat-hangat, suap demi suap.

Terdapat delapan resep bubur manis hangat yang bisa dicoba sebagai menu takjil, meliputi: Bubur Suji Kuah Jahe, Bubur Gunting Buah Naga,  Bubur Jali Gula Merah, Bubur Candil Hitam, Bubur Mawar Hitam, Bubur Mutiara Bola Ubi, Bubur Kampiun, dan Bubur Sagu Gula Palem.

Bagian kedua menghadirkan resep-resep kolak yang juga variatif. Ciri khas kolak adalah bercita rasa manis dan legit. Penggunaan gula merah menjadi kunci utama, kendati sejumlah kolak pun bisa dibuat tanpa gula merah. Kolak bisa dibuat dengan aneka bahan isi seperti pisang, singkong, tape singkong, nangka, kolang-kaling, labu kuning, sukun, dan bahan-bahan lainnya.

Resep kolak yang dihadirkan juga berjumlah delapan resep meliputi: Kolak Tape Singkong, Kolak Pisang Kuah Susu, Kolak Sukun Karamel, Kolak Bola Kentang, Kolak Bola Singkong, Kolak Talas Ubi, Kolak Singkong Labu Kuning, dan Kolak Keju Pisang Cokelat.  

Bagian ketiga menghadirkan resep-resep bubur manis yang sangat nikmat bila disajikan dingin. Selain bubur kacang hijau atau ketan hitam, bahan-bahan lainnya seperti pisang dan ubi bisa dikreasi menjadi cita rasa bubur manis masa kini yang legit sekaligus nikmat saat disantap dingin-dingin. 

Ada enam resep bubur manis yang bisa dicoba, meliputi: Bubur Toping Buah Pisang Krimi, Bubur Kacang Aneka Toping, Bubur Ubi Tomat Dawet, Bubur Sumsum Oreo Keju, Es Pisang Ungu, dan Es Bubur Campur.

Bagian keempat menghadirkan enam resep es buah segar yang diramu dari aneka buah-buahan yang cocok untuk sajian pelepas dahaga, termasuk sebagai menu takjil. Ke-6 resep itu meliputi: Es Buah Kuah Gula Merah, Es Sawo Kelapa Muda, Es Buah Sarang Burung, Es Melon Buah Naga, Es Rambutan Markisa, Es Avokad Pisang.

Bagian terakhir buku ini, yaitu bagian kelima, menghadirkan lima resep minuman segar dengan aneka bahan non buah-buahan. Ternyata, minuman segar tak hanya berisi buah-buahan saja. Dengan aneka bahan lain juga bisa dikreasikan kombinasinya, sehingga menghasilkan ragam minuman segar yang menggoda. Ke-5 resep itu adalah: Es Hunkwe Pandan, Es Jeli Kopyor, Es Cendol Hitam, Es Jeli Mi, dan Es Nona Manis.

Resep-resep yang dihadirkan buku ini sesungguhnya tak hanya bisa dibuat saat Ramadan saja sebagai menu takjil, tapi juga bisa dijadikan sebagai sajian keseharian. Misalnya untuk menemani acara santai di sore hari atau pun acara akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Juga, resep-resep di dalam buku ini telah melewati uji coba minimal dua kali. Sehingga penulisnya menjamin resep-resep yang ada di buku ini anti gagal alias pasti berhasil dibuat dengan rasa lezat dan tampilan menarik. Bahkan, resep-resep di buku ini bisa juga menjadi inspirasi, referensi, dan peluang untuk memulai usaha kuliner bermodal terjangkau.

Data buku:
Judul: Kolak & Bubur Manis, 33 Resep + Step by Step
Penulis: Riya Jatika
Penerbit: PT. Samindra Utama, Jakarta
Cetakan ke-1: 2018
Tebal: 82 hlm
ISBN: 978-979-23-6541-2

*Tulisan ini dimuat di koran Jawa Pos Radar Madura edisi Kamis, 23 April 2020.


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.