GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

7 Top Kuliner Grobogan Terlezat versi Jatengnyamleng ID 2021

Pusat Kuliner Purwodadi. (Istimewa)

Jatengnyamleng ID - Nglencer ke Grobogan, berburu kuliner lezat, di manakah gerangan? Saat ini wisata kuliner memang tengah menjadi tren. Saat berkunjung ke sebuah daerah, dengan pelbagai keperluan, maka berburu kuliner khas atau kuliner terlezat seolah menjadi tradisi. Serasa belum lengkap berkunjung ke sebuah daerah tanpa mencicipi kuliner terlezatnya.

Kabupaten Grobogan selain kaya kuliner khas, juga kaya dengan ragam kuliner legendaris yang telah menempuh masa cukup panjang dan konsisten menyuguhkan kuliner lezat dari masa ke masa. 

Berikut ini 7 top kuliner Grobogan terlezat versi saya yang cocok menjadi jujugan wisata kuliner keluarga saat berkunjung ke Kabupaten Grobogan. Ketujuh kuliner tersebut adalah:

1. Ayam Bakar dan Goreng RM. Noroyono

RM. Noroyono Pak Djamin adalah warung makan paling ikonik dan terkenal di Kota Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Warung ini menjadi jujugan kuliner dengan menu andalannya Ayam Bakar dan Ayam Goreng sejak tahun 1989. 

Di antara keistimewaan Ayam Bakar dan Ayam Gorengnya adalah pada bumbunya yang meresap dan dagingnya empuk. Saya sendiri lebih suka ayam bakarnya. Tone daging ayamnya legit gurih. Adapun sambal, Sambal Terasi menjadi andalan rumah makan yang berada di pusat kota itu, tepatnya di utara Simpanglima Purwodadi.

Lokasi yang luas dan bersih, bahkan dilengkapi meeting room,  menjadikan RM. Noroyono Purwodadi cocok menjadi jujugan wisata kuliner bareng teman, relasi, keluarga dan handai tolan. Simak video liputan menikmati ayam bakar Noroyono dengan judul Ayam Bakar Noroyono, Kuliner PurwodadiPaling Ikonik Sejak 1989 –Jujugan Kuliner di Tengah Kota, sebagai berikut:

 


2. Garang Asem RM. Raharjo

Garang Asem adalah salah satu kuliner khas Grobogan yang cukup populer. Salah satu rumah makan di Purwodadi yang spesial menghidangkan Garang Asem Khas Purwodadi adalah RM. Raharjo yang telah memiliki masa tempuh yang panjang sejak tahun 1971. 

Garang Asem khas Purwodadi di RM. Raharjo cukup spesial. Menggunakan ayam kampung dan cita rasanya istimewa. Karena itu, banyak pelanggannya, termasuk menjadi ampiran para tokoh dan artis setiap kali berkunjung ke Kota Purwodadi. 

Simak video liputan menikmati Garang Asem RM. Raharjo dengan judul RM. Garang Asem Raharjo, Kuliner Khas Grobogan Terlegendaris di  Sejak 1971, sebagai berikut:


3. Sate Sapi Pak Beng

Sate Sapi Pak Beng pertama kali dirintis oleh Pak Sugiman pada tahun 1939. Lalu pada tahun 1950-an, diteruskan oleh generasi kedua alias anak Pak Sugiman yang bernama Sumidi. Kemudian pada tahun 1994, diteruskan oleh generasi ketiga alias anak Pak Sumidi alias cucu Pak Sugiman yang bernama Pak Jumadi atau yang akrab disapa Pak Beng. Panggilan Pak Jumadi, yaitu Pak Beng itulah yang kemudian menjadi brand warung sate sapi yang beralamat di Pilang Lor, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah itu. 

Warung Sate Sapi Pak Beng sendiri penampakannya sangat sederhana. Tapi pelanggannya sangat banyak. Tone sate sapinya gurih manis. Ada dua pilihan sambal yang ditawarkan untuk menemani menyantap Sate Sapi Pak Beng, yaitu sambal kecap dan sambal kacang. Saat ini Sate Sapi Pak Beng sudah memasuki generasi keempat, yaitu anak Pak Beng yang bernama Novi Aditya, sejak tahun 2010.

Simak video liputan menikmati sate sapi Pak Beng dengan judul Sate Sapi Pak Beng, Kuliner Grobogan Sejak 1939 – Terenak dan Terlegendaris. Sangat Recommended! Sebagai berikut: 


4. Gudeg Koyor dan Opor Ayam Mbak Tum

WM. Mbak Tum spesial menyajikan menu Gudeg Koyor dan Opor Ayam. Sangat cocok sebagai pilihan jujugan wisata kuliner di Kota Purwodadi. Lokasi warungnya berada di kompleks Pusat Kuliner Purwodadi.  Opor ayamnyanya lezat, gurih, dan mlekoh. Adapun gudeg koyornya juga spesial, koyornya gedhe-gedhe, gurih dan empuk. Sangat istimewa.

Simak video liputan menikmati gudeg koyor dan opor ayam Mbak Tum dengan judul LezatnyaGudeg Koyor dan Opor Ayam Mbak Tum Pusat Kuliner Purwodadi, sebagai berikut:

5. Becek dan Sate Kerbau Yanto Ganjar

Di antara rumah makan yang menyediakan menu Sayur Becek kuliner khas Grobogan, RM. Sedep Yanto Ganjar termasuk yang spesial dan beda. Umumnya, kuliner Khas Grobogan satu ini menggunakan iga sapi, tapi di RM. Sedep Yanto Ganjar lebih memilih iga kerbau. 

Alasannya, menurut Yanto, para orang tua zaman dahulu lebih banyak menjadikan kerbau sebagai hewan peliharaan, di samping menu olahan berbasis kerbau masih jarang --untuk mengatakan belum ada-- di Kabupaten Grobogan. 

Selain Becek kuliner khas Grobogan dengan protein iga kerbau yang enak sekali, RM. Sedep Yanto Ganjar juga menyediakan olahan kerbau lainnya, yaitu Sate Kerbau, yang tak kalah enak. Dengan tone gurih-manis, Sate Kerbau RM. Yanto Ganjar sangat recommended. Apalagi dagingnya juga sangat empuk. Tak aneh, bila pelanggan RM. Sedep Yanto Ganjar datang tidak hanya dari lokal Grobogan, tapi juga dari berbagai kota di sekitarnya.

Simak video liputan menikmati sate dan becek kerbau Yanto Ganjar dengan judul Satenya Lezat, Beceknya Sedap – Rekomendasi Sajian Serba Kerbau di RM. Sedep Yanto Ganjar, sebagai berikut:


6. Sega Berkat dan Sega Bancaan Dapur Mentari

Update: Dapur Mentari Sudah TUTUP. 

Dapur Mentari adalah sebuah cafe dan resto yang mengangkat kuliner tradisional Jawa. Menu andalannya adalah Sego Berkat dan Sego Bancakan yang sejak dulu kala umum dijumpai di acara hajatan warga, terutama di pedesaan.

Penyajiannya mempertahankan kearifan ekologis yaitu dibungkus dengan daun jati (Sego Berkat) dan memakai lemek daun pisang atau yang lazim disebut samir (Sego Bancakan). Penyajian ini tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga semakin mendongkrak cita rasa dan selera makan. 

Semakin istimewa, karena Dapur Mentari menawarkan suasana eksotis rumahan yang permai yang bisa jadi alasan untuk tak melewatkan jadwal makan di resto ini. Bersama keluarga atau kolega.

Simak video liputan menikmati sega berkat dan sega bancaan di RM. Dapur Mentari dengan judul Nikmatnya Sego Berkat dan Sego Bancaan di Dapur Mentari!! RekomendasiKuliner Grobogan, sebagai berikut:


7. Rica-rica Bledeg Angkringan Pak Kalam

Angkringan Pak Kalam adalah salah satu angkringan yang berada di kompleks Taman Kuliner Simpanglima Kota Purwodadi yang berjualan menu-menu khas angkringan, yaitu nasi kucing, aneka gorengan, pelbagai sate, dan wedangan, termasuk teh krampul. Namun menjadi beda, karena angkringan ini selalu ramai oleh para pelanggannya. 

Salah satu resepnya adalah sajian menu yang komplit, yakni Angkringan Pak Kalam menawarkan 6 macam menu nasi kucing dengan menu spesial Nasi Rica-Rica Bledheg. Lalu ada aneka gorengan dan, ini yang istimewa, yaitu 25 macam menu sate yang bisa dipilih. 

Selain itu, tempatnya juga strategis dan nyaman. Di samping juga ada live music dua kali seminggu yang menambah daya tarik angkringan yang telah eksis sejak sekira dua belas tahun yang lalu itu.

Simak video liputan menikmati sajian istimewa di Angkringan Pak Kalam dengan judul AngkringanPak Kalam, Terfavorit di Purwodadi. Sajikan 25 Macam Sate dan Spesial Nasi RicaBledeg, sebagai berikut:

Demikian 7 top kuliner Grobogan terlezat versi Jatengnyamleng ID yang layak dijadikan pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Kabupaten Grobogan. Selamat berwisata kuliner. Nyamleng tenan. (BMA - Jatengnyamleng ID)


Jasaview.id