GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Berburu Makanan Tradisional di Pasar Kalangon

Di Pasar Kalangon. Tempat Ijol Duwit. (JatengnyamlengID/BMA)

Jatengnyamleng ID - Pagi masih berkabut dan dingin, mungkin sisa hujan semalam, saat saya mlipir ke Pasar Kalangon yang berada di Desa Nglangon, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Parkir sudah penuh motor dan juga mobil saat saya tiba. Sepagi itu, Pasar Kalangon sudah cukup ramai.

Pasar Kalangon adalah pasar digital yang diinisiasi oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bekerja sama dengan pemerintah desa setempat.

Pasar Kalangon termasuk objek wisata baru. Dilaunching pada awal Januari 2019 lalu. Pasar Kalangon kini telah menjadi salah satu daya tarik wisata. Menambah deret daftar objek wisata baru sekaligus menandai geliat pengembangan pariwisata di Kabupaten Grobogan.

Nasi Gudeg Krecek. (JatengnyamlengID/BMA)

Selain Pasar Kalangon, dalam dua atau tiga tahun belakangan, bermunculan objek wisata baru di Kabupaten Grobogan yang cukup memikat wisatawan, seperti Agrowisata Kelengkeng (Sumberagung, Ngaringan), De Bale Cingkrong (Cingkrong, Purwodadi), dan Candi Joglo (Krangganharjo, Toroh). 

Nasi Ayam Pencok. (JatengnyamlengID/BMA)

Pasar Kalangon dikonsep sebagaimana pasar digital lainnya seperti Pasar Papringan di Temanggung atau Pasar Karetan di Boja, Kendal. Pasar Kalangon digelar setiap dua minggu sekali, yaitu minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Buka mulai jam 06.00.

Menikmati Makanan di Pasar Kalangon. (JatengnyamlengID/BMA)

Di pasar ini, tersedia berbagai macam makanan tradisional bernuansa tempo doeloe dengan segenap gaya penyajiannya. Ada lontong sayur, nasi pecel, nasi kuning, nasi gudeg, sega jagung, dan yang pasti, ada nasi ayam pencok khas Kuwu, Kradenan, yang mulai langka. Untuk kudapan, ada aneka jajan pasar seperti cara bikang, serabi, putu ayu, klenyem atau blanggem, jembret, gandos, wajik kletik, dan banyak lagi.

Penjual Serabi di Pasar Kalangon. (JatengnyamlengID/BMA)

Transaksi di Pasar Kalangon menggunakan uang bambu yang disediakan oleh panitia. Pengunjung bisa menukar uang dengan uang bambu di tempat yang telah disediakan. Tak ada bungkus plastik di sini. Juga, suasana hutan di pinggir Waduk Nglangon yang eksotis, menjadikan Pasar Kalangon ini cukup direkomendasikan sebagai pilihan destinasi wisata kuliner di Kabupaten Grobogan. 

Berkunjung ke Pasar Kalangon dapat membawa imajinasi kita ke masa lalu, ke pasar tempo doeloe. Suasananya, menunya, juga gaya penyajiannya. (BMA - Jatengnyamleng ID)


Jasaview.id