GprpTUr8Gfd9BSCoGpG6GpC8Td==

Resep-resep Istimewa untuk Keluarga


Jatengnyamleng ID - Memasak merupakan salah satu aktivitas rutin sehari-hari bagi seorang ibu rumah tangga.  Dengan memasak sendiri, seorang ibu rumah tangga bisa menyiapkan menu terbaik bagi suami dan anak-anaknya, yang tidak hanya lezat, tapi juga sehat dan bergizi. Selain itu, memasak sendiri juga lebih hemat dan terjaga kebersihannya.
 
Aktivitas rutin memasak setiap hari itu rupanya banyak menginspirasi beberapa ibu rumah tangga, terutama yang hobi memasak, untuk berbagi resep di media sosial, di antaranya di Instagram. Nani Handayani, atau yang akrab disapa Bunda Nanik, adalah salah satu di antara ibu rumah tangga yang aktif berbagi resep masakan di Instagram. Ibu dari 4 anak dan oma dari 1 cucu, yang lahir di Blitar dan kini tinggal di Surabaya itu, belajar memasak setelah menikah.

Awalnya sering gagal, namun ia terus belajar dan tidak putus asa. Keinginan memperdalam kemampuan memasak berawal ketika anak-anaknya mulai me-request menu masakan yang berbeda setiap harinya. Dari situlah ia mulai rutin barada di dapur, mengotak-atik bahan dan bumbu, membuat menu-menu baru, hingga memadupadankan aneka masakan, demi menghasilkan menu yang bervariasai. Setelah melalui berbagai kreasi dan eksperimen, masakannya pun mendapat apresiasi dari suami dan anak. (hlm. 159-160).

Akhir tahun 2015, ia mulai memfoto hasil masakannya dan mengunggahnya di akun instagram @mrs.wijaya. Dari situ ia banyak mendapatkan teman dan follower yang menanyakan resep dari foto-foto masakan yang diunggahnya. Akhirnya, awal tahun 2016, ia mulai berbagi resep dengan menyertakannya di caption unggahan foto.

Banyak follower yang tidak hanya menyukai resep-resep masakan yang ia bagikan, tapi juga me-recook serta memfoto dan mengirimkan foto itu kepadanya. Menurut mereka, resep-resep yang dibagikan oleh Bunda Nanik sangat mudah untuk diikuti sehingga membuat mereka bersemangat memasak. Bahkan banyak juga yang menggunakan resep kreasi Bunda Nanik untuk membuka warung makan dan katering. (hlm. 160).

Buku berjudul Dapur Bunda ini merupakan kumpulan dari resep-resep hasil kreasinya di dapur selama ini. Resep-resep yang ada merupakan menu harian yang sederhana, tetapi tetap sehat dan lezat untuk keluarga tercinta. Ada 70 resep istimewa untuk keluarga yang dibagikan  di buku ini yang dikelompokkan ke dalam 8 bagian, meliputi: Menu Kreasi Bunda, Menu Favorit Keluarga, Tumis dan Cah Simpel ala Bunda, Olahan Ayam, Olahan Daging, Olahan Ikan, Seafood, dan Menu Kampung Halaman. Setiap resep disertai foto, keterangan singkat terkait resep, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, dan cara memasaknya.

Buku yang dicetak lux dengan kertas isi art paper dan full colour ini sangat tepat dijadikan sebagai inspirasi dan panduan bagi para ibu rumah tangga dalam upaya menghadirkan masakan yang istimewa, lezat, dan sehat, untuk keluarga tercinta.   

Data buku:
Judul: Dapur Bunda
Penulis: Bunda Nanik
Penerbit: V Media, Jakarta
Cetakan ke-1: 2019
Tebal: (xvi) + 164 hlm
ISBN: 978-979-065-307-8

*Tulisan ini dimuat di koran Tribun Jateng edisi Minggu, 22 September 2019 dengan judul "Berbagi Masakan Enak Era Media Sosial"


Jasaview.id

Type above and press Enter to search.